Selasa, 11 November 2025

Akreditasi SMKN Tempursari

 



SMK Negeri Tempursari merupakan SMK yang akreditasinya masin predikan C, oleh karena itu setiap periode kepala sekolah selalu mengajukan re-akreditasi untuk menaikan predikat. Tetapi baru tahun ini dipenuhi oleh BAN PDM, sehingga dilakukan visitasi oleh dua orang asesor.

Sebagai pengawas pembina saya mendampingi selama proses visitasi, dan secara umum kegiatan berjalan dengan lancar. Pembukaan dihadiri juga oleh Camat Tempursari, Danramil, Kapolsek, Babinsa, dan juga komite sekolah. Yang juga bertepatan dengan pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan dan sebagai inspektur upacara adalah Danramil.

Sambutan baik dari para asesor yang menyatakan bahwa ini adalah pengalaman baru dimana visitasi akreditasi dihadiri oleh paket lengkap Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan jajaran muscam.

Upacara Hari Pahlawan SMKN Tempursari

 


Upacara peringatan hari pahlawan tahun ini di SMK Negeri Tempursari menjadi istimewa karena selain saya sebagai pengawas sekolah yang hadir juga dihadiri Camat Tempursari, Danramil, Kapolsek, Babinsa dan jajarannya. Sebagai inspektur upacara adalah Danramil, petugas oleh siswa yang seluruhnya beebusana daerah.

Dan istimewa lagi hari ini bertepatan dengan visitasi asesor BAN PDM Jatim dalam rangka reakreditasi sekolah. Hal ini dikarenakan predikat akreditasi SMK Negeri Tempursari masih C.



Kamis, 06 November 2025

Sarasehan Pembelajaran Mendalam SMKN Senduro


SMK Negeri Senduro merupakan salah satu SMK yang tahun ini mendapatkan paket program SMK Pusat Keunggulan skema Pembelajaran Mendalam, maka sesuai dengan RPD nya ada kegiatan Sarasehan Pembelajaran Mendalam. Maka melalui surat permohonan kepala sekolah kepada kepala cabang dinas tanggal 30 Oktober 2025 tentang permohonan  narasumber, saya hadir untuk membersamai para guru dalam kegiatan tersebut.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah:
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Meningkatkan mutu proses belajar mengajar dengan menerapkan pendekatan holistik yang menekankan pada suasana belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan (tiga pilar utama pembelajaran mendalam).
  • Pengembangan Kompetensi Guru: Memberikan kesempatan kepada guru untuk mendalami konsep dan strategi pembelajaran mendalam melalui apersepsi, demonstrasi, dan praktik langsung, sehingga dapat merancang proses pembelajaran yang lebih efektif dan berdampak jangka panjang.
  • Penyelarasan Kurikulum dengan Industri: Khusus untuk SMK, kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum, program praktik kerja, dan kompetensi siswa dengan kebutuhan serta perkembangan dunia industri dan kerja (DUDIKA).
  • Membangun Kolaborasi: Menciptakan ruang kolaborasi antara pendidik, siswa, keluarga, masyarakat, dan mitra industri untuk mendukung pembelajaran yang inklusif dan partisipatif.
  • Personalisasi Pembelajaran: Memungkinkan penyesuaian sistem pembelajaran secara otomatis untuk memberikan materi yang lebih relevan dengan kemampuan individual siswa, dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menganalisis perilaku dan kinerja belajar.
  • Penguatan Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan: Kegiatan ini sering kali menjadi bagian dari tindak lanjut program SMK Pusat Keunggulan dalam rangka penguatan pembelajaran mendalam di sekolah. 

Materi yang saya sampaikan adalah seputar bagaimana mengimplementasikan pembelajaran mendalam pada SMK. Akhir dari kegiatan ini saya mengajak para guru berdiskusi bersama kelompok masing-masing tentang apa yang sudah dilaksanakan di sekolah dan apa yang akan ditingkatkan sehingga tercapai prinsip pembelajaran mendalam dan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai.