Senin, 17 Januari 2022

Rapat Koordinasi Pengawas Sekolah Cabdin Jember

Mengawali kegiatan di Minggu ke 3 Januari 2022, diadakan rapat koordinasi Pengawas sekolah di lingkungan cabang dinas pendidikan wilayah Jember-Lumajang.
Rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh Pengawas Sekolah jenjang SMK/SMA/PKLK, dan dipimpin oleh Kepala Cabang Dinas Dr. Drs. Mahrus Syamsul, M.MPd, Kasi SMK yang baru Mohamad Khotib, korwas kab Jember Bpk Ponadi dan korwas kab Lumajang Bpk Eko Widodo.




Dalam sambutannya Kacab menyampaikan antara lain tentang Surat Edaran Gubernur tentang Giat Apel setiap hari Senin di lingkungan dinas instansi di Jawa Timur. Maksud dan tujuan Apel tidak lain adalah untuk kedisiplinan jajaran pegawai dan staf di Jawa Timur. Dengan dapat hadir sebagai bukti yang harus dikirim dan dilaporkan setiap hari Senin kepada Gubernur melalui Sekdis.

Dengan memasuki masa purna tugas Korwascab sebelumnya dan juga dipromosikannya salah satu pengawas di lingkungan Cabdin Jember, maka untuk tugas kepengawasan di kabupaten Jember mengalami perubahan pembagian sekolah binaan, yang selanjutnya sudah di SK kan oleh kepala cabang dinas pendidikan wilayah Jember.
Diharapkan melalui pembagian tugas kepengawasan yang baru ini keharmonisan dan kondusifitas kerja di lingkungan Cabdin Jember harus terus dijaga.  Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan SK pembagian tugas kepengawasan yang baru kepada seluruh Pengawas SMA/SMK/PKLK kabupaten Jember.


Setelah penyerahan SK pembagian tugas kepengawasan, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion dengan topik penyelarasan program kepengawasan di lingkungan Cabdin Jember. FGD ini dipimpin oleh Korwascab Jember yang meliputi wilayah kabupaten Jember dan Lumajang.

Program-program yang disampaikan untuk disinkronkan antara lain: Daftar hadir pengawas, giat rutin FGF, iuran rutin,  laporan pengawas, SKP, dll.




Kamis, 13 Januari 2022

Asas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Disalin dari materi pendidikan guru penggerak modul 1.1.

Ki Hadjar Dewantara (KHD) membedakan kata Pendidikan dan Pengajaran dalam memahami arti dan tujuan Pendidikan. Menurut KHD, pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan Pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. 



Jadi menurut KHD (2009),  

pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”.

Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. KHD memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.

Mruput ke Sekolah Pendampingan

Rabu, 12 Januari 2022
Seperti biasa jika ada sekolah (KS dan atau jajarannya) yang membutuhkan sesuai dari saya atau ada sesuatu yang harus saya kerjakan, jika lokasi nya di kota saja maka biarlah caksukur yang mruput menuju sekolahnya.

SMK QHOIRIYAH LUMAJANG merupakan salah satu sekolah yang menjadi pendampingan saya. Sekolah ini lokasinya masih di seputaran kota Lumajang maka pagi itu mruput menuju sekolah untuk pengesahan SK pembagian tugas semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

Seperti biasa juga saya menemui kepala sekolah dan berbincang perihal inovasi apa yang bisa diwujudkan untuk pengembangan sekolah. Dan luar biasa ide-ide brilian muncul di pagi itu dari kepala sekolah, pembaruan sistem informasi sekolah, kewirausahaan, branding sekolah merupakan beberapa opsi sebagai ide inovasi di tahun ini.