Kamis, 02 Maret 2023

Rapat Program Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Pengawas Sekolah pendamping Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan

Latar belakang
Belum pernah dilakukan koordinasi pengawas sekolah pada SMK PK, maka disini 2023 ini diperlukan penyamaan persepsi tentang pendampingan  Melaksanakan tugas sebagai pengawas pembina SMK PK.




Tempat : Ruang Shaba Nugraha Dinas Pendidikan prov Jatim
Waktu : Kamis, 02 Maret 2023, pukul 09.45 - 


Moderator :
Diah Yuni, Sub Koordinator bidang GTK


Materi:

Mudianto, M.Pd, Analis Kebijakan, Sub Koordinator Bidang Kurikulum SMK.

Kebijakan implementasi kurikulum merdeka di SMK PK.

IKM dan SMK PK adalah sesuai yang berbeda, IKM Disk kan oleh pusat kurikulum sedangkan SMK PK di sk kan oleh Direktorat SMK/Vokasi.
Jumlah SMK di jatim 2.150 yang terdiri dari 298 negeri dan 1.852 swasta, dengan jumlah siswa 766.056 orang yang terdiri dari 338.656 negeri dan 427.391 swasta.
Kompli terbanyak adalah TKJ 647 swasta dan 147 negeri.

SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dudika dan menjadi rujukan bagi SMK yang lain.

Target SMK PK : 
  • Kualitas kinerja
  • Keselarasan dunia kerja
  • Keterserapan lulusan
  • Pusat keunggulan
4 tahapan proses transfortasi aspek vokasi bagi SMK PK 
Data SMK PK JATIM 204 lembaga untuk tahun 2021-2022.

Pengawas sekolah tidak sama dengan pengawas kurikulum. Pengawas sekolah meliputi seluruh aspek yang ada disekolah. Pengawas memberikan bantuan solusi-solusi terhadap permasalahan yang dialami sekolah.

Oleh karena itu diperlukan diversifikasi Tupoksi pengawas sekolah, seperti halnya dibersihkan kompetensi keahlian.

Project Base learning
Memiliki perbedaan mendasar dengan pembelajaran praktik yang tujuan hasilnya adalah nilai rapor, tetapi project Base learning pembelajaran akan menghasilkan uang sehingga otomatis siswa terbiasa dengan biaya industri (disiplin, produktifitas, dan kualitas).

DUDIKA dapat merekrut peserta didik SMK sesuai kebutuhannya tanpa menunggu kelulusannya. Karena pada dasarnya bagi siswa kegiatan di DIDIKA merupakan pembelajaran project Base learning secara nyata.  Dengan adanya kemajuan teknologi Dinas pendidikan prov Jatim memberikan dispensasi kepada siswa yang belum lulus tetapi kompetensinya diakui DIDUKA silahkan bekerja sambil belajar secara online, ujian online dan sudah diluluskan secara online.

Dampak positif IKM
  • Kebebasan kepada sekolah untuk mendesain dan mengembangkan KBM
  • KBM tidak hanya dilakukan didalam. Sekolah tetapi jika diluar
  • PKL diakui jam pelajaran.

Tanya jawab :

Pak Muhji, cabdin nganjuk
Teknik pendampingan SMK PK berbeda dengan PaudDasmen dimana ada lokakarya dan lain-lain, sedangkan SMK PK sepertinya direktorat berbeda.

Pemantauan IKM dilakukan melalui PMM tetapi SMK PK tidak terdeteksi di aplikasi yang dimiliki oleh LPMP/BBG.

Pemahaman P5 masih berfokus pada produk, padahal seharusnya pada pencapaian elemen dan sub elemennya.

Jawab
Akan dibentuk Tim pemantau smk pelaksana kurikulum merdeka.
Implementasi pembelajaran project base learning tidak hanya berorientasi pada produk yang berskala besar, tetapi dapat dimulai pada hal-hal kecil yang penting siswa dapat mengimplementasikan kompetensinya.
Sekolah yang mandiri dalam implementasi kurikulum Merdeka tidak diperkenankan turun level misal dari mandiri berbagi menjadi mandiri berubah, tetapi yang direkomendasi adalah naik level.

Ibu hasnah, cabdin Sidoarjo
PKL di k13 ada di kelas XI sedang di merdeka ada di kelas XII sesuai struktur kurikulum.
Pengimbasan apakah boleh kepada smk Diluar pembinaan pegawas sekolah, apakah dibatasi jumlahnya 5 sekolah.

Jawab : 
Pada k13 PKL tidak ada jam kusus pada struktur kurikulum tetapi harus dilakukan karena jika tidak maka siswa dinyatakan tidak lulus. Dan dalam pelaksanaanyanya ada yang 2, 3, 6 bukan.
Di kurikulum merdeka walau ada di tahun ke3 tetapi dalam pelaksanaan dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah.
Untuk pengimbasan dapat dilakukan kepada sekolah disekitarnya, misal dengan mengundang nara sumber dari BOE kemudian mengundang sekolah lain disekitarnya.
-----------------------------

Anastasia Martojo, MT

Praktik Baik pengawas sekolah SMK Program Pusat Keunggulan

Mendampingi 3 SMK PK di Surabaya yaitu SMKN 8, SMKN 3 dan SMK Petra Surabaya.

Tantangan dihadapi dalam implementasi kurikulum merdeka, dan diperlukan strategi antara lain : adopsi secara bertahap, menyediakan asesmen dan perangkat ajar, menyediakan pelatihan mandiri, memfasilitasi pengembangan komunitas belajar, menyediakan mata sumber kurikulum merdeka.

Hartatik, kabid GTK

Apresiasi kepada pengawas SMK yang telah bekerjasama dengan BOE untuk rencana peningkatan kompetensi pengawas sekolah, kerjasama dengan BAN SM untuk strategi pendampibgan terhadap sekolah binaan dalam menghadapi akreditasi.
Hal-hal seperti ini yang harus dicontoh dan diexpose.
Ibu kabid berpesan apabila ada sesuatu permasalahan hendaknya dapat diselesaikan secara internal bersama. Dan kepada pengawas sekolah terus didorong untuk berinovasi termasuk meramaikan ajang kompetisi GCC tahun 2023, yang aslinya banyak lebaran yang sudah memiliki karya dan inovasi.
Untuk yang tergabung dalam kepanitiaan tidak diperkenankan mengikuti lomba.

Wahid Wahyudi, Kadis

Banyak prestasi dibidang pendidikan yang diraih oleh propinsi Jawa timur, dan menjadi barometer pengembangan pendidikan Nasional.

Smk pencetak kewirausahaan, smk didorong untuk terus mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha industri dalam upaya peningkatan kompetensi siswa.

Branding diri pengawas sekolah ...
Standar pembiayaan, sesuai dengan tupoksinya pengawas sekolah harus ikut serta melakukan pemantauan terhadap standar pembiayaan yang ada di sekolah baik BOS, BPOPP maupun pembiayaan yang lain, sehingga diharapkan dapat meminimalisir penyimpangan.


-------------------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Pesan Anda