Kamis, 01 Agustus 2024

Job Fair SMK Negeri Klakah

Salah satu agenda dari program SMK PK Lanjutan adalah Job Fair, yang kali ini diadakan sekaligus bersama unjuk karya siswa. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja kabupaten Lumajang beserta jajaranya yang sekaligus sebagai nara sumber pada workshop peningkatan kapasitas Bursa Kerja Khusus (BKK).

juga hadir bapak Hotib selaku Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan WIlayah Jember, yang dalam sambutannya berpesan agar kegiatan semacam ini tidak berhenti pada seremonial, tetapi benar-benar diimplementasikan sebagai tindak lanjutnya.



Pada Job Fair ini terdapat sebanyak 14 Dunia Usaha Industri yang membuka lowongan pekerjaan baik untuk alumni SMK Negeri Klakah maupun sekolah lain dengan total lowongan yang disiapkan adalah sebanyak 150 orang tenaga kerja.

Bapak Leksana selaku Kepala DInas Tenaga Kerja berharap semoga para pelamar dapat memenuhi kriteria yang dipersayaratkan oleh para penyedia pekerjaan. Dan ini merupakan tantangan bagi SMK dalam menyiapkan kompetensi siswanya agar memenuhi kebutuhan Dunia Kerja/Usaha.



Briefing Pagi SMK WYSN Lumajang

Dilatarbelakangi oleh kegiatan perkemahan beberapa waktu lalu, yang terdapat beberapa titik kegiatan yang harus dievaluasi untuk ditingkatkan dimasa yang akan datang, serta dimulainya pembelajaran tahun ajaran baru. Maka pagi ini saya berkesempatan hadir di SMK WYSN Lumajang dan berjumpa dengan semua guru yang sedang mengadakan briefing pagi.

Kegiatan Briefing ini sudah rutin dilaksanakan di sekolah ini dan sudah menjadi budaya. Isi dari kegiatan briefing ini adalah hal-hal ringan yang disampaikan oleh kepala sekolah maupun para wakil kepala sekolah tentang target-target yang harus diselesaikan/dilaksanakan pada hari tersebut. Selain itu pada kegiatan bfiefing rutin ini juga dilakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.



Dalam kesempatan ini saya selaku pengawas pembina mengajak para guru untuk merefleksi pelaksanakan perkemahan pramuka beberapa minggu sebelumnya, khususnya tentang susunan acara/ tata urutan upacara api unggun.
Disamping itu untuk kegiatan pembelajaran saya juga mengingatkan semua guru tentang prinsip-prinsip pembelajaran pada kurikulum merdeka sebagaimana tertuang dalam buku panduan pembelajaran dan asesmen edisi 2024. Pada bpanduan tersebut disebutkan prinsip-prinsip pembelajaran maliputi : Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Menantang, Memotifasi, dan Memberi ruang yang cukup kepada murid untuk berekspresi dan berkreasi sesuai bakat dan minatnya.



Selasa, 30 Juli 2024

Pendampingan SMK Negeri Tempursari

Dilatarbelakangi oleh : sudah terasa lama sekali tidak berkunjung ke SMK Negeri Tempursari setelah terakhir bulan November saat kegiatan PKKS, adanya peningkatan pada Rapor pendidikan tahun 2024, adanya peningkatan jumlah siswa baru di tahun pelajaran 2024/2025, sekolah menerima BOS Kinerja, dan yang utama adalah pembagian tugas mengajar pada semester ganjil 2024/2025 kelas XII yang masih belum sesuai dengan kurikulum merdeka, yang pada semester ganjil dilaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan).

Komunikasi dan konfirmasi bersama WK Kurikulum yang menyampaikan konsep SK Pembagian tugas sebagaimana yang diminta oleh cabang dinas. Dan selanjutnya koordinasi bersama kepala sekolah via media Wathsapp, tentang rencana kehadiran saya untuk mendampingan kawan-kawan guru dalam pembagian tugas mengajar.



Kegaiatan pendampingan diawali dengan pertemuan bersama kepala sekolah dalam momen sarapan pagi di warung sekolah (seperti biasa). Kunjungan ke lokasi lahan yang berhasil dibeli oleh komite sekolah untuk penyiapan pembangunan RPS baru bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan program DAK.
Diskusi bersama WK Sarpras (pak Rudi) juga kepala sekolah tentang rencana pembangunan yang informasinya akan dimulai di bulan agustus 2024.

Kegiatan selanjutnya adalah pertemuan bersama seluruh guru untuk diskusi tentang Prinsip Pembelajaran pada kurikulum merdeka dan implementasi PKL sebagai mata pelajaran.

Sebagai tindak lanjut adalah perbaikan SK Pembagian tugas mengajar dengan memasukkan mata pelajaran PKL dan analisa/pemetaan kurikulum untuk PKL yang meliputi penyusunan TP mata pelajaran PKL, pemetaan dudi tempat PKL.