Jumat, 12 Juli 2024

Kunjungan silaturahmi SMKN 1 Omben Sampang

Bagian dari perjalanan muhibah di Pulau Madura, hari ini saya berkesempatan singgah di SMK Negeri 1 Omben Sampang.

Tujuan utama adalah menemui Kepala Sekolah Ibu Imama yang merupakan teman sejawat. Alhamdulillah kehadiran saya diterima oleh seluruh guru yang sudah menunggu di masing-masing ruang Kejuruan. 

Terdapat dua konsentrasi keahlian yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Tehnik Kendaraan Ringan (TKR).

Dalam kesempatan kunjungan ini saya melihat kondisi lingkungan sekolah dengan segala fasilitasnya termasuk pada ruang praktik dari masing-masing konsentrasi keahlian.




Tidak cuma berkunjung tetapi saya juga membagikan quesioner observasi lingkungan belajar kepada kepala sekolah, guru, staf dan juga siswa.

Berhasil mengumpulkan responden sebanyak 94 orang dengan komposisi 59,6% siswa, 33% guru,dan sisanya adalah kepala sekolah dan staf.

Berikut ini adalah sebagian hasil dari jawaban para responden






Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Tefa SMKN 1 Tlanakan

10 - 11 Juli 2024

Memenuhi undangan Kepala SMK Negeri 1 Tlanakan Pamekasan, dua hari ini saya mendampingi para guru dalam program pengembangan pembelajaran berbasis teaching factory.



SMK Negeri 1 Tlanakan adalah SMK Pusat Keunggulan untuk skema lanjutan. Adapun program keahlian yang diunggulkan adalah agribisnis pengolahan hasil perikanan. 

Sebenarnya sudah banyak produk yang dihasilkan oleh sekolah ini, tetapi masih belum kontinyu. Oleh karena itu melalui workshop ini diharapkan tahun pelajaran 2024/2025 ini semoga program keahlian dapat menerapkan teaching factory dalam pembelajaran dan asesmennya.



Selasa, 09 Juli 2024

Pendampingan Implementasi PKL di SMK 02 YP-17 Lumajang

Pendampingan hari ini di SMK 02 YP17 Lumajang, dengan materi implementasi PKL sebagai mata pelajaran pada kurikulum merdeka. Seperti halnya pada sekolah binaan yang lainya, memasuki tahun ketiga implementasi kurikulum merdeka terdapat hal baru pada struktur kurikulum SMK yaitu Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan Mata Pelajaran dengan alokasi waktu 736 jam pertahun sebagaimana diatur dalam permen 12/2024. Alokasi waktu tersebut jika dibagi dengan 36 Minggu maka sama dengan 46 jam perminggu.


Pendampingan ini diikuti oleh semua guru SMK 02 YP17 yang berjumlah 9 orang, teknik pendampingan yang saya gunakan adalah Training.
Output dari pendampingan adalah rencana/program PKL, yang dimulai dari analisa CP, pembagian pembimbing PKL hingga alur tujuan pembelajaran PKL.