Peyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (p5) merupakan salah satu bagian baru dalam kurikulum merdeka yang dilaksanakan di SMK Negeri Klakah sebagai SMK Pusat Keunggulan. Terdapat 7 tema yang dapat dipilih untuk diimplementasikan oleh sekolah dan wajib 3 tema pada kelas x. Adapun tema yang sudah ditentukan untuk dilaksanakan di sekolah ini adalah tema Suara demokrasi, Kebekerjaan dan Kearifan Lokal. Pada semester ganjil yang sudah dilaksanakan yaitu tema Suara demokrasi.
Agar implementasi p5 ini dapat mencapai tujuan sebagaimana yg diharapkan, maha perlu terus menerus guru dan kepala sekolah mengevaluasi dan refleksi.
Waktu, tempat pelaksanaan : Hari Senin 09 Januari 2023 di ruang pertemuan SMK Negeri Klakah
Pukul 10.00 - 12.30 WIB.
Kegiatan ini saya laksanakan dengan teknik Focus Grup Discussion (FGD) yang diikuti oleh : Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian dan para Koordinator P5.
Kegiatan saya awali dengan pertemuan bersama Plt kepala sekolah yaitu ibu Widiafatma Rusita, S.P dan wk kurikulum bpk Fatoni di ruang kepala sekolah dan diskusi tentang kelanjutan program smk pk, sertifikat akreditasi, dan tentang p5.
Selanjutnya kegiatan berlanjut ke ruang pertemuan, dengan acara : Pembukaan oleh wk kurikulum, Doa oleh guru bapak Agung, SPd
Sambutan pengarahan oleh Kepala Sekolah. Dalam pengarahannya Kepala sekolah menyampaikannya bahwa sebagai pejabat pelaksana tugas yang baru saja ditugaskan di sekolah ini sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk bersama tim jurusan teknik mesin yang merupakan jurusan yang diunggulkan dalam program SMK PUSAT KEUNGGULAN.
Kepala sekolah juga menyampaikan keinginannya agar tim bekerja sebagaimana biasa untuk proses pendaftaran program SMK PK sekerja lanjutan kerena terakhir pendaftaran adalah 15 Januari 2023.
Untuk implementasi p5 kepala sekolah minta untuk dievakuasi secara terus menerus sehingga dapat mencapai tujuan.
Selanjutnya sebagai materi dalam kegiatan ini saya menjelaskan dan meminta semua pihak di sekolah untuk terus melaksanakan dan mengimplementasikan program-program sebagai SMK Pusat keunggulan. Terkait dengan skema lanjutan di tahun kedua ini (2023) saya berharap agar segera ditindaklanjuti proses pendaftaran. Selanjutnya menjawab beberapa pertanyaan dari guru saya juga jelaskan bahwa berdasar program tahun sebelumnya maka skema lanjutan adalah tetap untuk jurusan yang sama yaitu teknik permesinan.
Kemudian dalam kesempatan ini saya juga menjawab pertanyaan ibu kepada sekolah tentang sertifikat akreditasi yang sepengetahuannya sudah berakhir sudah 2018. Maka saya menjelaskan bahwa pada surat edaran badan akreditasi nasional yang baru lalu tidak tercantum nama SMK NEGERI KLAKAH, artinya bahwa setelah tidak termasuk sasaran dalam akreditasi 2022, oleh karena itu saya minta untuk mengakses sispena tugas memastikan masa berlakunya sertifikat dan hasilnya ternyata betul bahwa akreditasi masih berlaku untuk satu tahun mendatang dan akan berakhir di bulan Desember 2023.
Sebagai topik utama dalam FGD ini adanya implementasi p5, dipaparkan oleh wk kurikulum dan diikuti oleh beberapa guru yaitu: bpk Jamil yang berharap adanya perubahan karakter para siswa/lulusan melalui pelaksanaan p5. Saya menyampaikan bahwa pelaksanaan p5 itu yang utama adalah prosesnya sehingga tercapai 6 dimensi profil pelajar pancasila.
Kemudian bpk Haris menyampaikan bahwa masih menemukan penyelesaian proyek oleh siswa tidak sama waktunya yang diakibatkan adanya persepsi yang berbeda dari guru sebagai fasilitator, sehingga guru yang bertugas pada tahab berikutnya merasa kesulitan karena tidak sesuai dengan agenda dalam modul.
Menanggapi temuan tersebut saya minta guru lain untuk memberikan perdapatnya kira-kira pada titik mana yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Ternyata peserta sepakat bahwa komunikasi diantara para fasilitator yang dikoordinasikan oleh koordinator adalah kunci untuk menyamakan persepsi sehingga perbedaan tersebut tidak terjadi lagi.
Selanjutnya tentang asessmen, yang dirasakan kesulitan jika hanya dilakukan oleh guru yang terakhir memfasilitasi pd setiap projek, karena guru tersebut tidak mengetahui proses sebelumnya sehingga tidak mengetahui perkembangan karakter dari setiap siswa. Terhadap hal asessmen ini disepakati bahwa pada proyek yang sedang dilaksanakan saat ini dengan tema Kebekerjaan maha asessmen dapat dilaksanakan oleh sekitar fasilitator setiap saat selama proses projek berlangsung. Dan akir projek koordinator akan bertugas untuk merekap dan memberikan kesimpulan terhadap asessmen yang dilakukan oleh para fasilitator.
Diskusi ditutup dengan harapan agar implementasi p5 dengan tema tema selanjutkan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan modul yang telah disusun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tuliskan Pesan Anda