Ini adalah saat yang tepat bagi pengawas sekolah sebagai tim penilai kinerja melalui ruang gtk, untuk mengadakan observasi dengan target kinerja presentasi visi dan misi sekolah.
Sesuai ketentuan observasi dapat dilakukan melalui 3 cara, yaitu observasi langsung, observasi tidak langsung, dan observasi catatan mandiri. Dalam hal ini saya menggunakan observasi langsung karena saya dapat hadir secara langsung pada saat kepala sekolah melakukan praktik kinerja.
Dua kelebihan dari observasi langsung yaitu: tingkat otentifikasi yang kuat karena penilai melihat secara langsung pelaksanaan praktik kinerja, memungkinkan dialog langsung dilakukan setelah observasi.
Beberapa catatan yang saya dapatkan dalam kesempatan ini antara lain berapa program yang digagas oleh kepala sekolah adalah melanjutkan dan menguatkan program-program yang sudah dan sedang berjalan. Hal ini sesuai dengan rekomendasi saya selalu pendamping, antara lain penguatan pjbl, Tefa, kebersihan lingkungan sekolah, meningkatkan kerjasama dunia kerja, dan sebagainya.
Para wakil kepala sekolah juga berkesempatan untuk mempresentasikan program kegiatannya masing-masing untuk enam bulan kedepan hingga akhir tahun 2025.