Rabu, 01 November 2023

Merancang pembelajaran berbasis projek (pjbl) SMK PGRI Lumajang



Merupakan agenda kegiatan SMK PK yaitu merancang pembelajaran berbasis proyek, maka giat hari ini adalah mendampingi para guru dalam penyusunan rencana pembelajaran berbasis proyek.

Materi yang saya paparkan tidak lain adalah paket materi SMK COE yang masih sangat relevan dengan program smk pusat keunggulan.

Output dari kegiatan hari ini adalah SMK PGRI Lumajang memiliki dokumen rancangan pembelajaran berbasis proyek, baik untuk jurusan yang menjadi unggulan (DKV) maupun jurusan lain.

Kegiatan worshop ini berlangsung dua sesi yaitu sesi paparan materi dan sesi penyusunan perencanaan pembelajaran bersama mitra dunia usaha industri.



Selasa, 31 Oktober 2023

Pembinaan Persiapan PKKS SMK Swasta Kab. Lumajang 2023

Memenuhi undangan dari MKKS SMK Swasta Kab Lumajang dalam giat rapat koordinasi MKKS dengan agenda tunggal yaitu pembinaan persiapan pelaksanaan PKKS tahun 2023, bertempat di SMK Nurul Huda Tekung.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh anggota MKKS SMK Swasta yang diketuai oleh Habibullah, SPd. MA yang juga Kepala SMK Al Maliki Sukodono. Dalam kesempatan ini Pengawas SMK Kab. Lumajang yaitu saya sendiri beserta ibu Retna Irrawati, M.Eg berkenan memberikan pembinaan seputar persiapan pelaksanaan PKKS tahun 2023.

Sebagai bahan pembuka saya paparkan tentang model kompetensi kepala sekolah berdasarkan Perdirjen GTK no 6565 sebagai dasar instrumen PKKS. Dan selanjutnya aplikasi (excel) yang akan digunakan untuk membantu pelaksanaan PKKS dipaparkan oleh ibu Retna.




Senin, 23 Oktober 2023

Pendampingan Bedah Rapor Pendidikan dan Penyusunan RKS (RKJM-RKT-RKAS)

Salah satu tusi pengawas sekolah dalam era merdeka belajar adalah mendampingi KS dalam penyusunan Rencana Kerja Sekolah yang meliputi RKJM-RKT-RKAS.




Oleh karena itu sesuai dengan permintaan kepala sekolah hari ini saya mendampingi kepala sekolah dan tim yang terdiri dari para wk dan kaprog juga para bendahara dan operator SMK Negeri Pasirian.

Giat hari ini merupakan awal karena pekerjaan penyusunan RKS tentu tidak dapat diselesaikan dalam sehari. Adapun mekanisme yang disepakati adalah memasukkan semua rekomendasi program dari rapor pendidikan kedalam RKT dan memasukkan semua usulan dari para wk dan kaprog. Setelah itu oleh tim yang ditunjuk dan dibawah kendali ks akan menyatukan dan mengklasifikasi menurut 8 standar pendidikan serta memilih program menurut prioritas dan sesuai dengan kekuatan anggaran sekolah.

Penyelesaian RKT disepakati seminggu berikutnya dapat diselesaikan, baru kemudian berlanjut Penyusunan RKAS yang harus dikumpulkan ke cabang dinas sebelum tanggal 16 November 2024.


Dalam proses pendampingan kali ini saya memaparkan alur proses penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) sebagai sebuah sistem yang sekarang lebih dikenal dengan Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kenapa disebut PBD ? karena di era merdeka belajar ini sekolah dalam menyusun perencanaannya harus mengacu kepada rapor pendidikan dengan menggunakan alur Identifikasi, Refleksi dan Benahi.

Pembanahan itulah yang aslinya merupakan program kerja sekolah yang dibreakdown dari rekomendasi rapor pendidikan. Perlu diketahui bahwa apa yang harus dibenahi itu tidak selalu membutuhkan pembiayaan, artinya ada program yang pelaksanaannya tidak membutuhkan biaya, sebaliknya yang membutuhkan pembiayaan harus dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS).

Jika satuan pendidikan sudah menerapkan alur diatas sudah dapat dipastikan bahwa antara RKJM-RKT dan RKAS memiliki benang merah. Pengalaman selama 3 tahun terakhir selaku Pengawas Sekolah jarang sekali menemui ketiganya menunjunkkan adanya keterkaitan, yang disebabkan dalam penyusunanya antara RKT dan RKAS dilakukan dalam waktu yang berbeda dan oleh orang berbeda juga, serta proses validasi yang dilakukan oleh kantar cabang dinas jarang sekali melihat dan berdasar RKT nya.

Ada hal yang menarik dalam pendampingan kali ini di SMK Negeri Pasirian, antara kepala sekolah masih baru dua minggu menjabat (promosi) sebagai kepala sekolah, semua tim (WK, Kaprog, Bendahara) mengakui bahwa RKJM-RKJ-RKAS selama ini belum ada keterkaitan karena dikerjalan oleh tim yang berbeda dan dalam waktu yang berbeda, dan sebagaian dari peserta/para staff tim manajemen ada yang merasa bahwa selama 3 (tiga) tahun terakhir tidak dilibbatkan dalam penyusunan rendana kerja sekolah.