Memenuhi permintaan warga sekolah hari ini dilaksanakan pendampingan Penguatan Implementasi Kurikulum merdeka. Kegiatan ini dilandasi oleh keinginan para guru untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, mengingat juga bahwa sekolah ini berada di lingkungan pondok pesantren.
Materi yang menjadi bahan diskusi meliputi refleksi pembelajaran, prinsip pembelajaran merdeka, pembelajaran berbasis proyek.
Kegiatan diikuti oleh seluruh guru yang berjumlah 22 orang juga staf tata usaha dan dipantau oleh Kepala sekolah yang juga ikut aktif dalam diskusi.
Sebagaimana paradigma baru pada kurikulum merdeka yang salah satunya adalah Refleksi pembelajaran. Oleh karena itu selaku pengawas Pembina saya ingin membudayakan refleksi bersama ks dan guru setiap selesai melaksanakan suatu program.
Kali ini paska gelar karya p5 dengan tema Kearifan lokal yang dipadu dengan giat HUT RI ke 78, yang dilaksanakan di SMKN Senduro saya mengajak ks dan warga untuk merefleksi. Namun terlebih dahulu saya paparkan tentang p5.
Model refleksi yang digunakan adalah 4P yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan yang akan datang.
Dalam momen ini juga dilaksanakan tasyakuran dengan tumpengan atas prestasi yang baru diraih oleh sekolah diantaranya juara 2 porprov untuk cabor pencak silat, juara karnaval, juara gerak jalan, juga diterimanya bos kinerja.
Hari ke-2 melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi pelaksanaan ANBK 2023 dengan sasaran SMK Pembangunan Candipuro, SMA Negeri Candipuro, dan SMK Al Hidayah Kloposawit Candipuro.
Tenuan masih seperti pada hari pertama yaitu terdapat beberapa user siswa yang sudah login tiba-tiba logout sendiri. Namun setelah beberapa kali terjadi pada akhirnya siswa bisa mengerjakan hingga tuntas baik sesi 1 maupun sesi 2.
Dalam kesempatan ini sekaligus melihat proses pembelajaran praktik pada jurusan Teknik Pemesinan di SMK Pembangunan Candipuro.
Sedangkan di SMA Negeri Candipuro sempat keliling lokasi sekolah dan berdiskusi bersama Kepala Sekolah Ibu Ida tentang berbagai hal diantaranya tentang guru penggerak, tentang implementasi p5, tentang program-program pengembangan sekolah.